Selasa, 22 Mei 2012

foto Esay tentang oleh-oleh khas Bengkulu

foto Esay :
foto tentang oleh-oleh khas Bengkulu.

selain karena keindahan objek pariwisata dan juga peninggalan Sejarah yang ada di Bengkulu, Bengkulu juga mempunyai berbagai sovenir khas yang dihasilkan daerah Bengkulu, diantaranya :

1. Lempuk Durian
lempuk durian atau yang lebih dikenal dengan dodol durian, hanya dapat dijumpai di daerah Bengkulu. karena memang lempuk Durian sudah menjadi makanan khas Bengkulu. dimana Lempuk Durian ini hampir sama dengan dodol-dodol lainnya yang ada di daerah lainnya. hanya bahan yang berbeda. Lempuk Durian berasal dari buah Durian yang telah masak, yang kemudia dicampur dengan tepung gandum, kemudian dimasak hingga berjam-jam lamanya. yang menjadikan Lempuk Durian mempunyai rasa yang khas adalah berasal dari buah Durian itu sendiri. jadi ketika Lempuk Durian ini dimakan, maka akan menghasilkan rasa yang sangat nikmat dan kenyal ketika dikunyah, dan sudah tentu rasa khas buah Duriannya sangat terasa ketika kita memakannya. bagi para wisatawan luar Bengkulu yang kebetulan tidak menyukai ketika memakan buah Durian secara langsung, dapat menikmatinya ketika buah Durian telah diolah menjadi Lempuk Durian . karena memang daerah Bengkulu memiliki potensi buah Durian yang sangat banyak ketika  musim Durian tiba, sehingga masyarakat Bengkulu mengolah buah Durian agar menjadi makanan tahan lama dan menjadi makanan yang sangat khas dan nikmat untuk menjadi cemilan. Lempuk Durian bisa didapatkan di gerai-gerai yang menjual makanan khas Bengkulu yang terdapat dipusat kota Bengkulu, tepatnya di sepanjang jalan Sukarno Hatta.
2. Manisan Terong
Satu lagi makanan Khas daerah Bengkulu yang sangat menarik untuk dicoba bagi anda semua yang belum pernah mencicipinya, atau mungkin baru ini mendengar ada manisan Terong. bila dipulau Jawa ada manisan Cabe, maka di Bengkulu ada manisan terong. ya dikota Bengkulu Terong panjang yang berwarna Ungu dimanfaatkan oleh sebagian warganya untuk dijadikan makanan khas, dan juga agar mempunyai daya tahan yang lama yaitu manisan Terong. manisan Terong mempunyai rasa yang sangat khas. rasanya hampir sama dengan buah kurma, manis dan kenyal ketika dimakan. tidak salah apabila masyarakat Bengkulu menyebut manisan Terong sebagai Kurmanya Bengkulu. selain rasanya yang lezat, manisan Terongpun mempunyai tekstur yang kering, sehingga sangat cocok apabila dibawa dalam perjalan jauh untuk dijadikan oleh-oleh. manisan Terong ini bisa anda dapatkan di gerai oleh_oleh khas Bengkulu yang berada disepanjang jalan Sukarno Hatta, berada di Pusat Kota Bengkulu. manisan Terong ini dapat anda beli dengan harga yang sangat murah, untuk satu kotaknya seharga Rp.8000,- saja.
3. Jagung Marning.
makanan khas Bengkulu sangatlah banyak. salah satuny yang menarik dan perlu anda coba adalah Jagung Marning. jagung Marning adalah Jagung yang digoreng. jadi ketika digunyah jagung ini menimbulkan deruk dimulut dan sangat renyah. Jagung Marning adalah buah jagung yang telah terpisah dari tulangnya kemudian direbus, selanjutnya dijemur, dan ketika jagung telah kering akan digoreng. maka jadilah jagung Marning. jagung Marning memiliki beberapa varian rasa, biasanya masyarakat lebih menyukai jagung Marning yang asin dan gurih, karena bisa dijadikan lauk makan juga. jagung Marning ini juga dapat dibeli di gerai-gerai oleh-oleh khas Bengkulu dengan  harga yang murah, dan sangat mudah dicari karena berada di Pusat Kota Bengkulu.
 4. Kain Batik Besurek
berlaih dari makanan khas yang ada di Bengkulu, sekarang kita beralih ke kerajinan tangan yang dihasilkan oleh masyarakat Bengkulu, yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Bengkulu. yaitu salah satunya adalah Kain Batik Besurek Bengkulu sudah terkenal hingga Nasional. karena kain Batik Besurek Bengkulu tidak kalah bagus dan berkualitas dengan kain Batik di daerah lainnya. kain Batik Besurek Bengkulu dihasilkan murni dengan tangan bukan dicetak menggunakan mesin, sering disebut dengan batik Tangan. Selain coraknya yang khas dengan motif Bunga Rafflesia yang hanya ada di Provinsi Bengkulu, juga dihasilkan dengan batik tangan, sehingga menjadikan Batik Tulis bengkulu menjadi sangat menarik ketika dikenakan. kain Batik Besurek Bengkulu juga sangat mudah untuk didapatkan digerai-gerai oleh-oleh yang ada di Bengkulu.
5. Cenderamata khas Bengkulu
 salah satu cenderamata khas Bengkulu yang sangat unik dan sangat menarik untuk anda miliki adalah Cenderamata yang terbuat dari Kulit Lantung. Kulit Lantung adalah Kulit kayu yang telah dijadikan lembaran-lembaran seperti kertas, tetapi memiliki tekstrur yang sedikit kasar dan berserabut.Kerajinan Kulit Lantung hanya bisa didapatkan di Bengkulu. Kulit Lantung dapat dijadikan berbagai jenis kerajinan mulai dari Miniature Bangunan Tabot yang menjadi icon Kota Bengkulu, gantungan kunci, Bingkai Fhoto, Celengan, dan lain sebagainya, yang dihiasi dengan lukisan-lukisan Bunga Rafflesia Arnoldi yang menjadi icon Provinsi Bengkulu. sehingga kerajinan dari Kulit Lantung ini menjadi sangat menarik dan memiliki nilai seni yang tinggi. kerajinan Kulit Lantung sangat banyak dijual di gerai-gerai yang ada di Kota bengkulu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar